Menjadi Orang Tua Zaman Now






Anak adalah generasi penerus pertama dari orang tuanya, kita sebagai orang tua tentu mengharapkan anak - anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal dari lahir batinnya fisik dan psikisnya. Kesemua itu kitalah sebagai orang tua yang menjadi ujung tombaknya. Bagaimana tidak, ya mereka itu keturunan kita, lahir dari sel- sel kromosom kita, tentu membawa sifat dan bakat yang kita miliki.  Kemudian mereka tumbuh dan berkembang dari pola asuh kita, dari pola asih, pola asah kita maka dari itu kita sebagai orang tua mutlak menjadi ujung tombaknya. Meskipun setelah mereka terjun kedua luar itupun tak lepas dari pola pengawasan kita. Pokoknya peran kita sebagai orang tua sangat berpengaruh vital banget.

Sebagai orang tua zaman Now kita harus :

1. Memiliki tubuh yang sehat serta jiwa yang kuat
Tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat itu akan di turunkan pada anak-anak kita, jika kita memiliki hal itu maka pasti anak-anak kitapun memilikinya. Untuk mendapat tubuh yang sehat, kita harus menjaga diri dari asupan makanan yang kita konsumsi menjauhi dari hal yang tidak baik bagi kesehatan,pun untuk memiliki jiwa yang kuat maka kita perlu asupan gizi yang maksimal bagi jiwa kita dengan cara menjalankan ibadah yang kita yakini sebagai sumber ketenangan jiwa, membaca buku yang manfaat dan inspiratif menambah semangat dan motivasi untuk hidup bahagia.

2. Menjadi suri tauladan bagi anak
Anak itu peniru yang ulung, mereka pasti meniru kita sebagai orang tuanya maka dari itu sebagai orang tua kita harus menjadi suri tauladan yang baik bagi anak, agar mereka tidak mencari teladan yang lain di luar, karena pada dasarnya jiwa mereka itu akan mencari kebenaran, mencari hal yang baik. Jika mereka menemukan figur kebaikan di rumah maka mereka tidak akan mencarinya di luar.

3. Menjadi teman yang selalu ada
Kita tidak bisa tidak untuk berkomunikasi, semua orang butuh orang lain untuk berbicara, menyampaikan pandangan, keluhan, perasaan dan hal lainnya. Anak-anak selalu butuh untuk berbicara  pastikan kita sebagai orang tua selalu ada untuk mereka, mudah di temukan, mudah di hubungi dan mudah diajak bercerita. Dengan demikian mereka akan selalu berbicara pada kita dan kita dengan mudah mengetahui apa yang sedang mereka pikirkan.

4. Menambah ilmu tentang pola asuh anak
Peradaban terus berubah, dunia terus berubah, kecenderungan dan pola pikir manusia terus berubah, maka sebagai orang tua kita harus selalu melek terhadap perubahan zaman, arah arah kebijakan publik dan kebijakan dunia pendidikan selalu berubah kita sebagai orang tua harus memiliki pengetahuan dan wawasan tentang hal itu, agar tetap up to date dengan perkembangan zaman meskipun tetap harus disesuaikan dengan nilai- nilai kebenaran yang hakiki. Ilmu yang harus kita tambah itu selain tentang pengurusan fisik, juga psikisnya tentang penyaluran hoby dan pencarian bakat alami mereka, tentang gaya belajar agar mereka tetap semangat belajar, tentang cara mereka menghabiskan waktu menikmati libur dan hal lainnya. Ini adalah bekal kita untuk mengarahkan anak seperti yang di harapkan oleh kedua belah pihak.

5. Mendoakan
Hanya doa yang bisa mengubah takdir, maka sebagai orang tua kita harus selalu mendokan mereka agar mereka memiliki masa depan yang baik seperti yang kita harapkan. Setiap hari doa kita lantunkan pada saat ibadah atau pada saat mereka pergi ke sekolah antarlah mereka dengan mutiara doa kita sebagai orang tuanya
Hal lain yang tak kalah pentingnya juga bisa dibaca di sebuah artikel sebagai referensi dengan judul Lima Dasar Pola Asuh Yang Perlu Diperhatikan di laman https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4650
Kita tidak bisa memilih dari orangtua mana kita dilahirkan, di asuh, di didik, tapi kita bisa memilih menjadi orang tua yang bagaimana kita dalam episode ini. Semoga kita bisa menjadi orangtua yang diharapkan dan di banggakan oleh anak- anak kita, dan semoga anak -anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang terbaik.  #sahabatkeluarga

Komentar

Popular Posts

My Teacher My Coach

Pembelajaran Tematik SD Kelas 4

Materi Ajar Kelas 6: PERUBAHAN SOSIAL (IPS) & SOLMISASI LAGU MANUK DADALI (SBdP)