Guru bagiku adalah sesosok manusia yang seharusnya tanpa cela, seorang teladan yang menginspirasi dalam segala hal tentang kehidupan. Guru seperti kata yang melekat padanya maka ia hendaknya dapat digugu dan ditiru. Seorang yang menjadi panutan dalam segala hal dalam segala kehidupan. Zaman terus berganti, tantangan juga semakin banyak dan menanti sesosok guru yang mampu berperan aktif sebagai seorang yang menjadi teladan dalam kehidupan. Guru kini selain menjadi fasilitator dalam pembelajaran ia juga harus dapat berperan sebagai coach , seorang yang dapat menggali potensi murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Seseorang yang dapat memunculkan potensi yang dimiliki murid memberikan dorongan dan arahan untuk melejitkan potensi mereka. Sebuah keterampilan baru bagi guru sebagai coach adalah kemampuan untuk meng coaching murid, coaching adalah sebuah kegitan berkomunikasi dengan murid misalnya pada saat murid menghadapi masalah, penurunan motivasi belajar, susah konsent
Masih ingatkan apa itu energi ? Energi adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu / usaha. Energi dihasilkan dari sumber energi. Sumber- sumber energi terbagi 2 yaitu : 1. Sumber Energi primer yang terdiri dari : a. Matahari Matahari merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan. Energi cahaya matahari berguna untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan, menjemur tubuh bagi hewan, dan juga panas matahari berguna untuk manusia misalnya untuk menjemur baju, mengeringkan ikan, dan juga menghasilkan listrik b. Air Air sangat diperlukan dalam hidup manusia, air berguna untuk minum dan mencuci. Dan ia juga dapat dimanfaatkan untuk memutar kincir air dan membangkitkan listrik. Video air c. Angin Angin untuk menghasilkan energi gerak, angin dapat memutarkan kincir angin, mendorong perahu layar dan mengeringkan pakaian serta bisa juga menjadi pembangkit listrik d. Makanan Makan
Artikel Refleksi Aksi Nyata 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid. 1. Latar Belakang Program Berangkat dari visi dan misi sekolah SDN 086 Cimincrang yaitu terwujudnya peserta didik yang mandiri, berakhlak mulia, nasionalis, tangguh menghadapi tantangan zaman serta peduli terhadap lingkungan hidup dan budaya. Maka program kids camp ini dilakukan sebagai salah satu upaya dari pencapaian misi serta tujuan mewujudkan kemandirian peserta didik di SDN 086 Cimincrang. Program ini juga merupakan bentuk dari upaya mewujudkan profil pelajar pancasila pada elemen kemandirian, kemandirian adalah kemampuan anak dalam mengontrol dirinya sendiri, mempunyai motivasi belajar yang tinggi serta memiliki keyakinan bahwa dirinya memiliki orientasi dan wawasan yang luas. Anak usia SD termasuk dalam katagori masa kanak- kanak akhir. Kemandirian dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor exsternal. Faktor internal terdiri dari intelektual anak dan emosi, sedangkan f
Komentar
Posting Komentar