Guru hebat, hmmm sejatinya memang seorang guru itu adalah manusia yang hebat, bagaimana tidak ia adalah sesosok manusia yang seharusnya dapat digugu dan ditiru, seorang manusia yang seharusnya menjadi suri tauladan bagi muridnya, dan juga masyarakat. Guru adalah manusia yang memiliki jiwa yang jadi panutan, patut di contoh tentu saja selain secara pribadi ia memiliki karakter yang baik, ia juga memiliki keluarga yang baik karena seorang guru juga harus dapat membimbing dirinya, keluarganya dan tentu saja orang lain, muridnya dan masyarakat luas. Zaman terus berubah tapi meski begitu seorang guru tetaplah guru, yang dapat digugu dan ditiru, yang seharusnya selangkah lebih maju dari para penirunya. Bahkan mungkin zaman now, seharusnya guru sudah seribu langkah lebih dari para muridnya, mungkin. Dari sinilah tolok ukur guru yang hebat, yaitu guru yang literate, guru yang update dan tidak kudet alias ketinggalan zaman. Ya semakin hari zaman terus cepat berganti...
Guru bagiku adalah sesosok manusia yang seharusnya tanpa cela, seorang teladan yang menginspirasi dalam segala hal tentang kehidupan. Guru seperti kata yang melekat padanya maka ia hendaknya dapat digugu dan ditiru. Seorang yang menjadi panutan dalam segala hal dalam segala kehidupan. Zaman terus berganti, tantangan juga semakin banyak dan menanti sesosok guru yang mampu berperan aktif sebagai seorang yang menjadi teladan dalam kehidupan. Guru kini selain menjadi fasilitator dalam pembelajaran ia juga harus dapat berperan sebagai coach , seorang yang dapat menggali potensi murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Seseorang yang dapat memunculkan potensi yang dimiliki murid memberikan dorongan dan arahan untuk melejitkan potensi mereka. Sebuah keterampilan baru bagi guru sebagai coach adalah kemampuan untuk meng coaching murid, coaching adalah sebuah kegitan berkomunikasi dengan murid misalnya pada saat murid menghadapi masalah, penurunan motivasi belajar, susah kon...
Artikel Refleksi Aksi Nyata 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid. 1. Latar Belakang Program Berangkat dari visi dan misi sekolah SDN 086 Cimincrang yaitu terwujudnya peserta didik yang mandiri, berakhlak mulia, nasionalis, tangguh menghadapi tantangan zaman serta peduli terhadap lingkungan hidup dan budaya. Maka program kids camp ini dilakukan sebagai salah satu upaya dari pencapaian misi serta tujuan mewujudkan kemandirian peserta didik di SDN 086 Cimincrang. Program ini juga merupakan bentuk dari upaya mewujudkan profil pelajar pancasila pada elemen kemandirian, kemandirian adalah kemampuan anak dalam mengontrol dirinya sendiri, mempunyai motivasi belajar yang tinggi serta memiliki keyakinan bahwa dirinya memiliki orientasi dan wawasan yang luas. Anak usia SD termasuk dalam katagori masa kanak- kanak akhir. Kemandirian dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor exsternal. Faktor interna...
Komentar
Posting Komentar