Materi Ajar Kelas 6: PERUBAHAN SOSIAL (IPS) & SOLMISASI LAGU MANUK DADALI (SBdP)

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai satu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material,komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. (Emile Durkheim)
Untuk lebih memahami mari kita simak video pembelajaran berikut ini


Demikian perubahan sosial yang terjadi di masyarakat
Pada pembelajaran kali  ini yang akan kita bahas adalah perubahan sosial yang ada di masyarakat dengan ditemukannya bola lampu.

Dengan ditemukannya bola lampu oleh Thomas Alva Edison, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari.

Manfaat lampu dalam kehidupan sehari -hari adalah :

1. Menciptakan keindahan.

Dengan adanya cahaya lampu maka kualitas  keindahan estetika sebuahh bangunan dan ruang di malam hari  akan menjadi lebih indah.lampu juga dapat menjadi sebuah dekorasi sebagai pemanis dan keberadaannya sanggup membuat suasana menjadi semakin hidup.




2. Tanda/ rambu lalu lintas dan keselamatan
Lampu menjadi tanda/ rambu bagi lalu lintas, dengan warna yang berbeda masyarakat pengguna jalan akan mengetahui rambu lalulintas sehinga pengguna jalan akan tertib, selain itu juga lampu menjadi tanda kondisi kendaraan misalnya sedang mengerem, mau belok dan sebagainya.

Lampu juga menjadi   sinyal bagi kapal laut sorot sinyalnya menjadi panduan bagi para pelaut yang ingin mencapai daratan dimana mercusuar itu berada. Sinar lampu ini bertujuan utamanya bukan hanya untuk penerangan akan tetapi juga merupakan petunjuk agar kapal bisa menemukan daratan dengan mudah. 

3. Memperbaiki mood
Cahaya memberi kesan tertentu yang berpengaruh pada jiwa manusia. Cahaya biru menenangkan pikiran, cahaya hijau  untuk relaksasi dan menyeimbangkan emosi serta dapat menyejukan pikiran/ hati. Cahaya merah berkesan eksotik. 

4. Penunjang dalam pelayanan kesehatan
Lampu sangat menunjang dalam kegiatan operasi seorang pasien yang memerlukan cahaya lampu yang begitu terang dan juga dalam hal lainnya misalnya perawatan gigi dan lain sebagainya.
Demikian manfaat lampu secara singkat dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kehidupan masyarakat. Selain bola lampu banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat.  Salah satunya di temukan radio sehingga kita bisa mendengarkan music. Kali ini yang akan kita pelajari adalah solmisasi dari lagu manuk dadali. (SBdP)
Berikut adalah permainan lagu manuk dadali

Komentar

Popular Posts

My Teacher My Coach

Pembelajaran Tematik SD Kelas 4